Api Kompor Gas Merah

0 Comments

Warna api biru ini disebabkan karena tingginya kandungan oksigen. Lalu mengapa api kompor gas berwarna merah?. Kemungkinan besar karena kadar oksigen menurun namun ada juga hal lain yang berpengaruh diantaranya:

api merah

  • Buka corong api atau burner yang berwarna keemasan lalu bersihkan dengan air dan keringkan.
  • Pasang lagi dan coba nayalakan. (ini tidak mempan ternyata dalam kasus saya)
  • Buka lagi corong kompor, lalu nyalakan kompor gas tanpa corong sebentar saja untuk membersihkan saluran gas nya. (cara ini ternyata ampuh)
  • Api kompor gas kembali normal biru

Penyebab Api Kompor Gas Merah

or gas rata-rata biru, kenapa? Karena memiliki kadar oksigen yang tinggi. Gas yang keluar dari burner akan muncul api dengan warna biru. Lalu, bagaimana jika kompor gas api merah? Besar kemungkinan terjadi karena kadar oksigen yang menurun dan sedikit. Sehingga, api yang semula biru akan berubah menjadi merah.

Penyebab Api Kompor Gas Merah

Diketahui adanya kadar oksigen pada kompor yang menurun menjadikan api kompor gas berwarna merah. Penurunan oksigen terjadi karena beberapa hal, seperti:

  • Tungku yang berkerak atau banyak jelaga
  • Corong api atau burner yang kotor
  • Perabotan dapur yang dipenuhi oleh jelaga.

Adanya beberapa penyebab api kompor gas berwarna merah yang harus ditangani, sebelum api kompor gas merah dan parah. Karena api kompor gas berwarna merah memicu beberapa akibat buruk seperti performa pengapian menurun dan membuat aktifitas memasak lebih lambat. Selain itu, akan menimbulkan jelaga lebih banyak pada alat-alat dapur yang digunakan.

Cara Memperbaiki Kompor Gas Api Merah

Menangani masalah api kompor gas berwarna merah juga tidaklah sulit, karena bisa ditangani sendiri.. Adapun caranya ialah:

  • Pastikan kompor dalam keadaan off
  • Lepaskan tungku dan burner, lalu bersihkan. Untuk mencegah adanya karat, gunakan air jeruk nipis ataupun cuka (pilihan salah satu saja). Rendam tungku dan corong api dalam larutan tersebut selama kurang lebih 20 menit
  • Sikat sampai bersih dan diamkan supaya kering. Barulah dipasang kembali di kompor.

Cukup simple, kan? Tak luput pula dengan perabotan masak yang digunakan. Harus bersih dan pastikan jelaga tidak mengotori. Jika ada, segera bersihkan sebelum nantinya bertambah banyak dan menimbulkan masalah yang sama.

Tak hanya menunggu api komor gas berwarna merah untuk merawat kompor gas. Baiknya, perawatan kompor dilakukan secara berkala. Sehingga, masalah-masalah penyebab kerusakan kompor bisa diminimalisir.

Biru menjadi warna api kompor gas yang dikenal sebagai pengapian terbaik. Kenapa bisa begitu? Api kompor gas berwarna biru dikarenakan adanya gas hidro karbon dalam skala rendah. Terkadang, api biru pun hanya sebagian karena ada yang berwarna merah. Hal tersebut wajar dan tidak membuat peralatan masak jadi gosong.

Berbeda halnya dengan api kompor gas berwarna merah karena tingginya kadar gas hidro karbon dari kompor. Adalah pertanda awal dari permasalahan pada kompor. Api kompor gas merah dapat menimbulkan jelaga pada peralatan masak. Di samping itu, memicu resiko bahaya lainnya seperti nyala api yang kecil hingga kompor tak mau menyala.

Tips Meminimalisir Resiko Api Kompor Gas Berwarna Merah

Tak ada yang menginginkan adanya masalah pada kompor gas. Begitu pun dengan terjadinya api kompor berwarna merah. Yangmana, perihal tersebut dapat dicegah serta diminimalisir. Bagaimanakah caranya? Simak tips-tips simple berikut:

  • Jaga kebersihan kompor gas secara berkala
  • Pilih aksesoris kompor yang berstandard
  • Tempatkan posisi kompor dengan tidak terpapar sinar matahari serta bukan di area yang terkena air hujan ataupun tempat yang lembab
  • Cek kondisi kompor sebelum digunakan.

Bahaya tidaknya kompor di dapur bergantung dengan pemakaian dan perawatannya. Begitu pula dengan kendala yang ditemui, bisa diminimalisir dan ditangani. Hingga sampai tiba saatnya, kompor dapur harus tergantikan dengan yang baru karena tak layak pakai. (Sumber : Jualelektronik.com)

Call Now
error: Content is protected !!
× Ada yang bisa kami bantu ?