Water Heater Tidak Panas

0 Comments

Beberapa hal umum yang menjadi penyebab water heater tidak panas atau water heater bermasalah, yaitu karena ada salah satu komponen yang tidak berfungsi dengan baik. Sebenarnya, pada sebuah mesin pemanas air dalam skala rumah tangga hanya memiliki 3 komponen utama :

1. Relay Putus

Hampir semua alat elektronik memakai relay, alat ini fungsinya tidak lain untuk mencegah jika sewaktu waktu terjadi konsleting maka relay ini akan memutus arus listrik. Sehingga hal hal yang tidak diinginkan pun dapat terhindari.

Relay pada water heater yang saya maksud yaitu letaknya pada kabel power. Tepatnya di tengah kabel tersebut terdapat kotak dan juga lampu indikasi dan juga semacam tombol. Jika lampu tersebut mati, kemungkinan relay juga mati sehingga mengakibatkan water heater tidak panas.

2. Thermostat tidak berfungsi

Kegunaan thermostat ini untuk mengatur arus listrik yang masuk ke elemen panas. Apabila air yang ada di dalam tabung water heater sudah panas, maka thermostat akan memutus arus listrik.

Dan akan mengirim arus ke elemen kembali setelah tingkat kepanasan air mulai menurun. Dalam kata lain, arus listrik yang masuk pada elemen panas harus melalui perantara thermostat.Sehingga, apabila thermostat ini rusak tentu elemen tidak bekerja dan akhirnya water heater menjadi tidak panas.

3. Elemen panas putus atau rusak

Untuk water heater listrik yang menempel di dinding sumber utama untuk memanaskan air menggunakan elemen. Sedang untuk water heater yang pemasangannya di atas genteng menggunakan dua sumber panas. yaitu, pada siang hari yang memanfaatkan panas dari sinar matahari. Tentunya jika elemen ini rusak membuat water heater tidak panas.


Call Now
error: Content is protected !!
× Ada yang bisa kami bantu ?